Jumat, 29 Mei 2015

SOLUSI BUAT BURUNG PLECI MACET / TIDAK BUNYI BUNYI

Sebelum nya perlu saya tegaskan burung pleci yg saya maksud adalah JANTAN, dan sudah rawatan lama , paling tidak 6 bulan rawatan, atau pleci yg sudah bunyi tetapi karena suatu sebab mengalami macet bunyi. Sudah berbagai cara dan perawatan kita lakukan. Saya terinspirasi untuk menulis hal ini, karena salah satu pleci jagoan saya yg baru selesai mabung, mengalami tidak bunyi hampir 3 bulan an, saya pikir saya biarkan aja, masih dalam masa pemulihan, lama lama akan bunyi sendiri, sampai saya hampir melupakan nya, karena saya juga lagi konsentrasi dengan pleci saya yg lain yg loncat loncat aja di lapangan, baru saya sadar pleci saya ini habis mabung kok lama ga bunyi bunyi, akhirnya dengan setingan lomba, saya bawa pleci tsb ke tempat latihan gantang bersama sama teman pleci mania lain nya, ternyata mau juga kerja, Cuma sayangnya, setingan saya terlalu over birahi. Ga papa, sampai dirumah saya sendirikan dulu, biar tersalurkan hasrat nya untuk berbunyi, maka keluarlah suara ngalas ngeroll nagen nya, yg telah sekian lama ga pernah saya dengar lagi. Hal ini mengingatkan juga , saat saya mempunyai pleci yg ga bunyi bunyi , padahal sudah rawatan lama hampir setahun, malah saya kira pleci cewex, pas saya coba latih gantang bersama teman , pulang nya juga langsung koar koar. Dari cerita tsb dapat kita ambil kesimpulan, ternyata burung pleci butuh suasana baru, pleci baik nya di ajak jalan jalan, ke tempat teman yg punya pleci, ke pasar burung, atau pun ke lomba burung, biarpun tidak kita lomba kan, pas kita main ke rumah tetangga, kita bawa ke tempat kerja, dll, setelah pulang di jamin akan koar koar, karena pleci tsb, hati nya jadi senang, mungkin aja, dia lagi teriak teriak cerita pada teman teman nya , he he... Atau cara lain , boleh kita pinjam pleci teman yg sudah jadi ( untuk burung masih muda , baru belajaran, jangan dekat dekat dengan yg sudah jadi ), kita rawat di rumah selama 2 minggu atau lebih, supaya bisa ngajari pleci di rumah kita, boleh juga di balik, kita sekolahkan aja pleci macet tsb ke rumah teman yg punya pleci jadi dan banyak. Paling tidak koloni pleci kita , jika kedatangan tamu pleci lain, pasti akan menciptakan suasana yg baru bagi koloni tsb. Dan jangan lupa bagi yg orientasi lomba, gantang jejer di rumah dengan jarak rapat, setiap hari baik nya di latih bergantian satu pleci di pisah agak jauh, biar tersalurkan hasrat untuk berbunyi yg tertahan lama. Semoga dapat di jadikan salah satu solusi untuk pleci kita yg ga bunyi bunyi maupun macet bunyi karena suatu hal. SALAM PLECI MANIA – ZOSTEROPS...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar